News: Artikel

WELCOME  TO GESS INDONESIA 2018

WELCOME TO GESS INDONESIA 2018

23 September 2018

WELCOME 
TO GESS INDONESIA 2018
KUNJUNGI KAMI DI BOOTH D30
5 WATT, HEMAT PENGGUNAAN DAYA
HEMAT BIAYA INVESTASI
HEMAT BIAYA PERAWATAN
HEMAT BIAYA UPGRADE KEDEPAN

Ingin Punya Komputer Hemat Listrik? Inilah Caranya

Ingin Punya Komputer Hemat Listrik? Inilah Caranya

27 Maret 2018

Ingin Punya Komputer Hemat Listrik? Inilah Caranya

 

Jika kita memiliki komputer di kantor, rumah atau memiliki warnet, pasti kita sadar dan tahu bahwa semenjak kita memiliki komputer yang sering digunakan setiap hari, tagihan listrik Kita  jadi membengkak. Apalagi bagi Kita  yang komputernya adalah komputer untuk bermain game dengan spesifikasi tinggi.

Hal yang paling haus listrik pada sebuah komputer gaming adalah kartu grafis-nya, atau yang biasa kita sebut VGA. Itulah alasan kenapa komputer yang  jadul selalu lebih hemat listrik dibandingkan komputer di zaman sekarang.

Bagi kita  yang khawatir akan tagihan listrik dari pada spesifikasi komputer, biasanya kita  akan memilih komputer yang memang memiliki spesifikasi rendah dan memiliki tingkat konsumsi daya listrik yang rendah.

Namun, komputer modern yang memiliki spesifikasi tinggi juga ternyata dapat dijadikan komputer hemat energi dengan kata lain, komputer berspesifikasi tinggi ini memiliki tingkat konsumsi daya listrik yang rendah.

Berikut beberapa cara untuk membuat komputer modern kita  menghemat daya listrik tanpa merusak ataupun mengurangi performanya.

  1. Tweak Penghematan Daya

Screensaver akan membuat tampilan monitor kita terlihat berwarna dan cantik. Namun bagi kita yang ingin menghemat daya listrik, lebih baik set monitor kita bisa mati secara otomatis setelah beberapa saat tidak digunakan/idle. Kondisi tersebut disebut suspend.

Pada kondisi suspend / mengatur agar monitor mati secara otomatis setelah beberapa menit tidak digunakan, maka monitor tersebut tersebut hampir tidak mengkonsumsi daya listrik sama sekali. Fungsi dari suspend tersebut adalah untuk membuat monitor untuk mati sementara sampai ada respon dari gerakan mouse ataupun input dari keyboard.

Yang kedua adalah dengan mengatur kecerahan cahaya / brightness & contrast pada monitor. Bagi kita yang menggunakan di sebuah ruangan tertutup, ada baiknya jika ruangan kita memiliki pencahayaan yang tidak terlalu terang.

Alasannya, dengan ruangan yang tidak terlalu terang, maka kita akan dapat mengurangi tingkat brightness dari monitor serendah mungkin sesuai dengan selera kita.

Yang ketiga adalah gunakan fitur Sleep dan Hibernate. Dengan kedua fitur tersebut, ketika kita meninggalkan komputer Kita  untuk beberapa saat, komputer akan masuk ke mode yang dapat menghemat daya listrik yaitu dengan mematikan komputer.

Komputer yang mati disini tentunya tidak seperti fungsi Shut Down yang mematikan komputer secara keseluruhan, namun kedua fitur ini lebih mirip dengan mode suspend pada monitor yang dapat kembali menyala hanya dengan input lewat keyboard.

  1. Upgrade Hard Disk Kita  ke SSD

Jika komputer Kita  masih menggunakan hard disk jadul yang lambat, sudah seharusnya kali ini Kita  menggunakan SSD sebagai pengganti HDD.

Selain karena SSD (Solid State Drive) lebih cepat dibandingkan HDD (Hard Disk Drive), SSD juga ternyata memiliki kelebihan lainnya yakni tingkat konsumsi daya listrik yang rendah sehingga hardware tempat menyimpan data ini sangat cocok digunakan bagi mereka yang menginginkan komputer yang hemat energi listrik.

  1. Beli Hardware Yang Memang Hemat Energi

Memang tidak ada cara lain bagi mereka yang menginginkan komputer modern tapi ingin hemat energi. Satu-satunya cara atau jalan keluar dari masalah tersebut adalah dengan membeli hardware yang memang hemat energi.

Dan di zaman modern ini, hardware yang low-power sudah gampang untuk dicari. Contohnya adalah seperti SSD yang sudah dijelaskan di atas ataupun memakai perangkat berteknologi terbaru yaitu Zero Client.

Zero Client juga dapat disebut "client ultrathin". Zero Client adalah komputer yang ringan dan tanpa kipas yang tidak memiliki hard drive, tetapi terhubung ke server untuk melakukan komputasi. Zero Client mengakses hard drive di pusat data dengan menjalankan Remote Desktop Protocols (RDP), yang memungkinkan desktop dan aplikasi Windows untuk dikirimkan sebagai layanan sesuai permintaan.

Zero Client umumnya tidak memiliki prosesor, penyimpanan, memori atau sistem operasi asli (OS) bawaan. Ini biasanya memiliki port periferal dan komunikasi (seperti port USB / VGA), serta port suara dan jaringan. Zero Client bekerja melalui server yang dibangun untuk tujuan sentral yang menghosting OS dan aplikasi.

Salah satu brand yang konsern menggunakan teknologi baru Zero Client adalah vCloudpoint. Teknologi vCloudPoint menjadikan komputasi desktop sangat sederhana dan terjangkau. Karena fleksibilitas dan kesederhanaan yang luar biasa dari Zero Client, kita dapat dengan mudah menerapkan, menggunakan, dan mengelola desktop untuk lusinan hingga ratusan pengguna dengan sebagian kecil biaya dan banyak penghematan termasuk penghematan di biaya listrik.

Itulah beberapa Tips & Triks yang dapat kita lakukan untuk menghemat biaya listrik, untuk berapa besaran listrik yang bisa kita hemat hampir 90% dibandingkan pemakaian PC pada umumnya. Semoga artikel ini dapat dijadikan rujukan bagi kita yang melakukan efisiensi dan efektifitas secara menyeluruh.

Iwan Anugrah

Sumber :

  • http://www.plimbi.com/article/162137/ingin-punya-komputer-hemat-listrik-inilah-caranya
  • http://www.vcloudpoint.com/
  • https://www.google.com/
  • https://www.microsoft.com/id-id
  • http://www.samsung.com/id/monitors/

 

Bagaimana Strategi Jitu Perusahaan-Perusahaan Kecil dan Sedang dalam Menimimalkan Efek Terkena Ransomware WANNACRY secara Efektif dan Efisien

19 Juli 2017

Melalui pendayagunaan unit PC yang minim pada sistem remote sharing (berbagi) maka memudahkan perusahaan-perusahaan tersebut untuk melakukan pemeliharaan dan pembaharuan sistem operasinya sehingga sangat membantu dalam menimimalkan resiko terkenanya Ransomware WannaCry tersebut.

Ancaman WannaCry diprediksi hanya merupakan gangguan awal pada era digitalisasi dan konektivitas yang dimana seluruh aktivitas pengguna akan selalu mengarah pada penggunaan komputer yang terkoneksi. Oleh karena itu strategi jitu dan cerdik perlu diterapkan khususnya bagi perusahaan-perusahaan yang memerlukan solusi yang efektif dan efisien.

Arsip