APKOMINDO hadir dan mendukung Jakarta Smart City di PRJ 2016

Posted on 10 Juni 2016
APKOMINDO hadir dan mendukung Jakarta Smart City di PRJ 2016

Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (APKOMINDO) menyambut baik tawaran kerjasama dari Jakarta Smart City untuk mengisi area yang disediakan Pemprov DKI dalam Pekan Raya Jakarta 2016.

Jakarta Smart City sebagai titik fokus dalam eksibisi PRJ 2016 sangat tepat dengan visi APKOMINDO yaitu Pengembangan Industri Internet of Things (IoT). APKOMINDO sadar akan masa depan IoT yang sangat berdampak dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk dalam masyarakat. Jakarta Smart City merupakan salah satu pilar yang akan mendukung rencana ini. Oleh karena itu, APKOMINDO mengerahkan daya upaya yang ada, terutama kemampuan dan produk serta jasa para anggotanya untuk mendukung program Jakarta Smart City.

Setiaji, Kepala Unit Pelaksana Tugas Smart City Jakarta, saat dijumpai menjadi salah satu pembicara di event CommunicAsia 2016 di Singapore pada 31 Mei 2016 yang lalu, mengatakan; “Kami  menyambut gembira kerjasama dengan pihak APKOMINDO dan memberi kesempatan untuk berbagai hal berkaitan dengan dunia TIK dengan pihak APKOMINDO berkaitan dengan Smart City Jakarta, bagi saya untuk DKI Jakarta sendiri, inisiatif Smart City mengambil langkah awal di sisi transparansi, kami ingin meningkatkan transparansi mengenai informasi publik dan layanan publik, untuk mencapai semua itu dengan cara pemanfaatan TIK” ujarnya.

Hadir dalam kesempatan eksibisi terbesar ini adalah produk CP PLUS dengan aneka produk Smart Security seperti : CCTV (Surveillance System), Smart Home Automation, Video Door Phone, Smart-Digital Door Lock, dan Mobile DVR (Vehicle Surveillance), dimana CP PLUS saat ini juga berperan sebagai Official Surveillance Partner dalam event Jakarta Smart City ini.

CP PLUS menempatkan beberapa unit Smart IP Camera pada area seluas 2000 meter persegi ini, selain untuk mengamankan area event, CP PLUS juga akan menampilkan beberapa keunggulan fitur Video Analitis yang dimiliki oleh CP PLUS dalam mendukung project Safe City project yang akan dipaparkan secara detil pada acara talk show bersama CP PLUS di event Jakarta Smart City pada hari Minggu, 26 Juni 2016 pada Pukul 13:00 WIB.

Demikian juga produk VCloudPoint yang mendukung efisiensi penggunaan PC, baik untuk masyarakat ataupun instansi. Produk ini akan sangat membantu menghemat biaya operasional terkait PC hingga 95%, memiliki keamanan akses yang lebih terjamin. Dari sisi kemampuan, APKOMINDO bersama Java Enterprise University (JERU) mengadakan workshop untuk membangun aplikasi berbasis ANDROID yang memanfaatkan data akses dari Jakarta Smart City. Semua ini mendukung pengembangan industri Indonesia terkait dengan IoT.

Soegiharto Santoso, Ketum DPP APKOMINDO menyampaikan bahwa; “Kami bersyukr dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh pihak Jakarta Smart City untuk menjalin kerjasama di Pameran PRJ 2016 ini, sehingga anggota APKOMINDO dapat turut berperan.”

APKOMINDO juga tetap berupaya memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dan membantu mewujudkan rencana pemerintah lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Komkominfo) meluncurkan program untuk menciptakan 1000 teknopreneur atau wirausaha yang berbasis teknologi, hingga tahun 2020.

Sehinga APKOMINDO menggulirkan program Rumah Tugas Akhir (RumahTA), mitra yang menyambut baik kerjasama ini diantaranya adalah Institute Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia. Selain dari itu program 1000 WARUNG DIGITAL, Solusi APKOMINDO untuk INDONESIA yang akan didukung oleh BANK DKI, serta rencana program terkait dengan target 2 juta Warung Digital yang akan berjalan dengan cara bermitra dengan Bank Mandiri.

APKOMINDO terus menggalang kekuatan untuk mendukung digitalitasi UKM. Demikian juga dengan Bank DKI yang tengah mempersiapkan diri untuk menyambut kerjasama yang sama. Semua ini membantu masyarakat untuk memaksimalkan potensi digital untuk mendukung aktifitas dan kegiatan bisnis mereka.

Diharapkan dengan kerjasama APKOMINDO dan Jakarta Smart City ini, rangkaian program edukasi, workshop serta produk-produk unggulan anggota akan dinikmati oleh masyarakat, dan membantu mereka menjadi ‘Smart Citizen’, karena JAKARTA akan menjadi barometer utama implementasi SMART CITY tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia.

Dalam kesempatan pameran Pekan Raya Jakarta 2016 kali ini APKOMINO dan JERU menyelenggarakan Workshop  dengan jadwal sebagai berikut:

  1. Sabtu, 11 Juni 2016, Pk 10.00 – 12.00:  Workshop Develop Android Apps Connect To Jakarta Smart City API, presented by JERU APKOMINDO
  2. Sabtu, 18 Juni 2016, Pk 10.00 – 12.00: Workshop Develop iOS Apps Connect To Jakarta Smart City API, presented by JERU APKOMINDO
  3. Sabtu, 25 Juni 2016, Pk 10.00 – 12.00: Workshop Building Smart Drone connect to Geo Location, presented by JERU APKOMINDO
  4. Sabtu, 16 Juli 2016, PK 10.00 – 12.00: Workshop Develop Jakarta Smart Citizen, Elevate Office Boy, Cleaning Service and Grassroots become IT Expert. Present Payment Gateway Development For E-commerce System and Web Development based on Java Platform by Grassroots. Presented by JERU APKOMINDO (FC, JT, Hk)

Sumber :

http://www.biskom.web.id/2016/06/10/apkomindo-hadir-dan-mendukung-jakarta-smart-city-di-prj-2016.bwi

_PRINT