Vcloudpoint Pengganti PC Ramah Lingkungan

Posted on 2 Februari 2016
Vcloudpoint Pengganti PC Ramah Lingkungan

INTIWARTA.COM - Untuk menghemat energi dan efisiensi tempat kerja, PT Prima Digital Solusindo mengenalkan produk barunya Vcloudpoint. Perangkat elektronik ini merupakan pengganti personal computer (PC) dan sudah menyasar sektor komersial.

Perangan ini banyak diperlukan untuk perkantoran, industri, call center, bisnis layanan jasa, pemerintahan dan sebagainya.

PT Lima Benua Koneksindo, distributor produk Vcloudpoint, menargetkan penjualan ke sektor komersil sampai 30.000 unit sepanjang 2016.

“Angka itu tiga kali lipat dibanding volume penjualan ke sektor komersil sepanjang 2015,” kata Agung Riyadi Marketing Manager PT Lima Benua Koneksindo, Selasa (02/02/2016).

Target itu imbuh Agung, dirasa cukup realistis. Alasannya, minat pengguna Vcloudpoint sepanjang tahun kemarin sangat pesat. Secara nasional, angka penjualannya sudah mencapai kisaran 30.000 unit.

“Produk ini mulai dikenalkan 2014, tapi pemasarannya baru tahun 2015. Kami memenangkan tender dari Kementrian Pendidikan, untuk sekolah-sekolah di berbagai daerah di Indonesia. Totalnya sudah lebih dari 15.000 unit, dengan rincian setiap sekolah dipasangi 8 unit,” jelasnya.

Selain itu, produk ini juga memenangkan tender dana alokasi khusus (DAK) untuk sejumlah sekolah di daerah. Angkanya memang tidak terlalu besar, berkisar sekitar 5.000 unit.

Sementara penjualan ke swasta atau ke sektor komersil, sepanjang tahun kemarin baru sekitar 10.000 unit. “Itu termasuk sejumlah perkantoran di Jakarta, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Sumatera dan sejumlah kota besar lain,” terang Agung.

Produk China Teknologi Amerika

Vcloudpoint menurut Agung, diproduksi China, tapi teknologinya berasal dari Amerika Serikat.

Perangkat ini memiliki kemampuan sama dengan PC. Sistem kerjanya, terpusat pada server yang kemudian dialirkan ke masing-masing unit. Satu server, ada yang bisa untuk 99 unit.

Satu diantara kelebihan utamanya, perangkat ini lebih hemat listrik. Hal itu disebut sebagai solusi yang tepat untuk efisiensi di tengah mahalnya tarif listrik.

“Di tengah perlambatan ekonomi yang memaksa sejumlah pihak melakukan efisiensi, produk ini sangat tepat. Selain harganya hanya Rp 1,7 juta per unit dengan kemampuan sama seperti PC, produk ini juga bisa menghemat listrik bulanan sampai 98 persen,” ungkap Iwan Anugrah Product Manager PT Prima Digital Solusindo.

Diakatakan Iwan, produk serupa sudah banyak beredar di pasaran. Namun, hanya Vcloudpoint yang memiliki kemampuan paling komplit dibanding perangkat lain. Mulai dari remote control, desktop broadcasting, storage visibility, user policy, dan resource efficiensy.[HAR]

_PRINT